UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAM KARAKTER SISWA DI SMPN 85 JAKARTA
Nurazizah, Salmah (2021) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAM KARAKTER SISWA DI SMPN 85 JAKARTA. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI AZIZAH.pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Guru Pendidikan Agama Islam sangatlah berperan penting dalam membentuk karakter siswa disekolah. Karena Guru Pendidikan Agama Islam adalah guru yang dapat membentuk karakter siswa sesuai dengan syariat agama Islam. Peranan Guru Pendidikan Agama Islam tersebut membentuk karakter siswa yang tadinya kurang baik menjadi lebih baik, dan sebelumnya sudah baik menjadi lebih baik lagi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMPN 85 Jakarta, Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SMPN 85 Jakarta dan hasil yang diharapkan dalam pembentukan karakter siswa di SMPN 85 Jakarta. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kehadiran peneliti bertindak langsung sebagai instrumen lapangan dan sebagai pengumpul data dari hasil observasi. Data yang berbentuk kata-kata yang diambil dari para informan atau responden pada waktu mereka diwawancai. Dengan kata lain data-data tersebut berupa keterangan dari para informan, sedang data tambahan berupa dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru pendidikan gama Islam dalam pembentukan karakter siswa adalah : Kerja sama dengan orang tua itu penting jadi bagaimana anak bisa menjadi atau mempunyai karakter yang bagus harus ada kerjasama nya dengan orangtua dan lingkungan sekitar, dan tujuan kegiatan eskul memberikan gambaran bagaimana karakter siswa dibangun secara baik, dan yang diharapkan oleh guru agama itu siswa bisa mempunyai karakter yang baik dan pembiasaan untuk dirinya sehingga menjadi manusia yang lebih baik lagi. Kemudian faktor pendukung dan penghambat guru dalam membentuk karakter, adanya fasilitas yang memadai dalam membentuk karakter siswa yaitu fasilitas masjid yang memadai, berbagai ekstrakulikuler, dan adanya kekompakan guru dalam mengawasi dan mengontrol siswa, Adapun penghambat nya yaitu dari siswa itu sendiri, dimana kelihatannya siswa itu karakter nya baik disekolah tetapi ketika dirumah lingkungan nya tidak mendukung ataupun kurangnya pengawasan orangtua.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Yahya Yahya |
Date Deposited: | 28 May 2021 00:49 |
Last Modified: | 28 May 2021 00:49 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4938 |
Actions (login required)
View Item |