Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMK Respati 2 Kramat Jati Jakarta Timur

Indira, Rizki Pratami (2021) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMK Respati 2 Kramat Jati Jakarta Timur. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI INDIRA RIZKI PRATAMI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Di dalam realita sejarah terjadinya kenakalan yang dilakukan pada siswa khususnya sangat menggelisahkan berbagai pihak diantaranya baik dari keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat, karena siswa disini merupakan sebagai generasi penerus bangsa. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kenakalan siswa di SMK Respati 2 Kramat Jati, upaya yang digunakan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMK Respati 2 Kramat Jati dan hasil yang dicapai oleh guru pendidikan agama islam dalam penanganan kenakalan siswa di SMK Respati 2 Kramat Jati Jakarta Timur. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian deskripsif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Selain itu untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada lapangan, disini penulis sertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat data penelitian. Hasil penelitian dilakukan penulis dapat sampaikan di sini bahwasannya bentuk-bentuk kenakalan siswa yang terjadi di SMK Respati 2 Kramat Jati antara lain yang pertama, kenakalan ringan berupa tidak masuk sekolah tanpa keterangan, terlambat, merokok, tidak mengerjakan tugas, mengaktifkan HP pada saat jam KBM, tidak memakai atribut lengkap, tidak patuh terhadap guru dan orangtua. Kedua, kenakalan berat berupa berkelahi antar sekolah dan teman. Adapun strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa di SMK Respati 2 Kramat Jati yaitu: Pertama, strategi preventif (pencegahan) seperti bentuknya menasihati dan membimbing. Kedua, strategi represif (penghambatan) seperti mengadakan kegiatan keagamaan, menjalin kerjasama dengan orangtua siswa, hubungan guru dengan murid. Ketiga, strategi kuratif (penyembuhan) seperti mengadakan pendekatan langsung kepada siswa yang bermasalah (bimbingan pribadi), menekankan pembinaan moral.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 28 May 2021 00:48
Last Modified: 28 May 2021 00:48
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4936

Actions (login required)

View Item View Item