Pembelajaran Tahfidz Al Qur‟an di Pesantren Tahfizh Daarul Qur‟an Cipondoh Tangerang

Rina Eli, Ermawati (2019) Pembelajaran Tahfidz Al Qur‟an di Pesantren Tahfizh Daarul Qur‟an Cipondoh Tangerang. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran tahfidz Al Qur‟an di Cipondoh Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan di Pesantren Tahfizh Daarul Qur‟an Cipondoh Tangerang. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriftif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, dengan pendekatan kualitatif diharapkan dapat diungkapkan situasi dan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran tahfidz Al Qur‟an. Teknik pengumpulan data menggunakan partisipan ke pesantren, wawancara dengan wakil kepala tahfidz, guru tahfidz, santri dan juga dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Tahfidz Al Qur‟an di Pesantren Tahfizh Daarul Qur‟an di Cipondoh Tangerang sudah beberapa mencapai target. Pesantren Tahfizh Daarul Qur‟an sudah menggunakan model halaqah dan beberapa metode diantaranya; metode tahsin, bin-nadhor dan talaqqi. Ustadz berupaya sebaik mungkin dalam proses pembelajaran tahfidz dikarenakan masih ada beberapa santri yang belum mampu menghafal sesuai target yang ditentukan. Pesantren Tahfizh Daarul Qur‟an berupaya mencari solusi setiap hambatan dalam pembelajaran tahfidz Al Qur‟an. Santri yang berprestasi dan mencapai target yang sudah ditentukan mendapatkan reward maupun penghargaan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Tahfidz Al Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 06 May 2021 05:46
Last Modified: 06 May 2021 05:46
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4914

Actions (login required)

View Item View Item