Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa

Muhammad, Ichsanul Amal (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa di SMP Muhammadiyah Parakan serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Menurut penulis untuk bisa membaca Alquran dengan tartil diperlukan belajar dan latihan yang serius. Berdasarkan pengalaman dilapangan, yang merupakan salah satu problem pelaksanaan pendidikan agama Islam di tingkat sekolah menengah pertama khususnya di SMP Muhammadiyah Parakan adalah adanya peserta didik yang belum mampu membaca Alquran dengan baik dan benar, bahkan ada sebagian dari mereka masih belum hafal huruf Hijaiyah. Oleh karena itu guru khususnya guru pendidikan agama Islam harus lebih memeperhatikan bacaan Alquran siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif naratif. Sumber data primer yaitu Guru PAI, sedangkan sumber data sekunder adalah Kepala sekolah dan siswa kelas VII. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Parakan. 65% siswa sudah mampu dan lancar sesuai ilmu tajwid melalui program tadarus, BTQ, tadarus bersama walikelas dan ekstrakulikuler Tahfiz dengan menggunakan metode iqra‟ dengan mengelompokkan siswa sesuai tingkat bacaanya, metode ceramah dan hafalan. Sedangkan faktor pendukung walikelas yang membantu dalam mendidik dan membimbing membaca Alquran, serta perhatian dan minat siswa dalam mempelajari membaca Alquran, dan faktor orang tua yang mendidik anaknya untuk mengaji di rumah atau di TPA. Faktor penghambat yaitu faktor dari siswa itu sendiri, walikelas yang kurang perhatian dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anak.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, Kemampuan Membaca Alquran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 06 May 2021 05:45
Last Modified: 06 May 2021 05:45
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4907

Actions (login required)

View Item View Item