Model Pendidikan Baitul Hikmah

Fahmi, Idris (2019) Model Pendidikan Baitul Hikmah. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pendidikan Baitul Hikmah pada masa Dinasti Bani Abbasiyah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan Metode kajian pustaka. Data yang didapat oleh penulis berasal dari sumber sekunder, yakni dari buku-buku sejarah yang terdapat diperpustakaan yang penulis kunjungi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model Pendidikan Baitul Hikmah Hikmah dibuat dalam dua aturan, yaitu metode muhadharah (ceramah), juga metode dialog dan wacana debat. Guru yang mengisi ceramah-ceramah perkuliahan berada di tempat yang besar. Kemudian guru itu naik ke tempat yang tinggi dan murid-muridnya berkumpul jadi satu. Guru menerangkan kepada murid-murid materi yang diuraikan dalam muhadharah. Lalu mereka berdialog sesuai dengan materi bidangnya. Ketika itu, ustadz atau syaikh menjadi rujukan akhir dari materi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Abbasiyah,Bait al-Hikmah, penerjemahan, ilmu pengetahuan, tokoh-tokoh intelektual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 06 May 2021 05:45
Last Modified: 06 May 2021 05:45
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4897

Actions (login required)

View Item View Item