Pengaruh Literasi terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Khazanah Kebajikan Pondok Cabe Tangerang Selatan

Ade, Irma (2019) Pengaruh Literasi terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Khazanah Kebajikan Pondok Cabe Tangerang Selatan. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
skripsi.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan islam di MTs Khazah Kebajikan Pondok Cabe Tangerang Selatan. Dalam penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa uraian. Berdasarkan analis data, diperoleh hasil terdapat pengaruh literasi terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan islam. Hasil uji hipotesis terhadap data posttest menunjukkan t hitung =4,31 dan nilai t tabel = 2,002. Nilai t hitung > t tabel sehingga H 0 ditolak. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan literasi yaitu dengan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 73,03 dan kelas kontrol 72,06

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 06 May 2021 05:45
Last Modified: 06 May 2021 05:45
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4894

Actions (login required)

View Item View Item