Implementasi Program Pramuka dalam Meningkatkan Disiplin siswa SMP Islam Sinar Cendikia Serpong Tangsel Banten

Feby Nur, Ayu Monika (2020) Implementasi Program Pramuka dalam Meningkatkan Disiplin siswa SMP Islam Sinar Cendikia Serpong Tangsel Banten. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program pramuka dalam meningkatkan disiplin siswa SMP Islam Sinar Cendikia Serpong Tangsel Banten. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode studi kasus. Sumber data primer adalah pelatih pramuka dan siswa anggota pramuka, sedangkan sumber data skunder adalah wakasek bidang kesiswaan, kepala sekolah, dan Pembina Pramuka. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis model interaktif dari Miles dan Hubemen (1994). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi yang meliputi sumber data, tektik dan waktu pengmpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Disiplin siswa dalam kegiatan pramuka dan kegiatan sekolah SMP Islam Sinar Cendikia Serpong Tangsel Banten sudah lebih baikdan berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan oleh sekolah dan pelatih pramuka berdasarkan data wawancara. 2) Pelaksanaan program pelatihan pramuka yaitu program jangka pendek yang dilaksanakan seminggu sekali setiap hari Rabu mulai pukul 09:00 s/d 10:00 WIB. Untuk program jangka menengah yaitu kegiatan pengisian SKU (syarat keckapan umum), camping 6 bulan sekali, wide game, bakti sosial, dan program jangka panjang yaitu pelantikan kenaikan tingkat (ramu, rakit, terap), mengadakan camping di luar sekolah. 3) Faktor pendukung dalam kegiatan ini adalah Sebagian orang tua siswa dapat diajak kerja sama dalam mendukung setiap kegiatan pramuka di sekolah, bersedia mendukung dana kegiatan, dan memotivasi putra putrinya untuk partisipasi. Pihak sekolah yang memberikan fasilitas kepada siswa agar dapat mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka dengan didukung oleh beberapa sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah sedangkan faktor penghambat diantaranya kurang tegasnya dewan penggalang terhadap anggotanya sehingga masih terjadi pelanggaran yang dilakukan siswa terhadap peraturan yang sudah dibuat oleh pelatih. Masih terdapat keraguan pada orang tua terhadap kegiatan yang ada di dalam pramuka. Anak kurang antusias dalam mengikuti semua kegiatan pramuka

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 04 May 2021 04:15
Last Modified: 04 May 2021 04:15
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4879

Actions (login required)

View Item View Item