PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. BNI SYARIAH KANTOR CABANG BUMI SERPONG DAMAI TANGERANG SELATAN
Syiva, Silfana (2018) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. BNI SYARIAH KANTOR CABANG BUMI SERPONG DAMAI TANGERANG SELATAN. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah PT. BNI Syariah Kantor Cabang Bumi Serpong Damai Tangerang Selatan, bertujuan untuk mengetahui secara empiris bagaimana gambaran mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT BNI Syariah kantor cabang BSD. Masalahnya jumlah nasabah bank syariah yang masih sedikit dibandingkan dengan bank konvensional, karena pelayanannya yang masih kurang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian regresi. Populasi penelitian ini adalah 8.487 nasabah pada BNI Syariah Kantor Cabang BSD-Tangerang Selatan. Untuk menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah melalui cara Non Probability Sampling dan teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling insidential sebanyak 100 responden. Instrumen pengumpulan data untuk kedua variabel menggunakan kuesioner dan observasi. Validasi instrumen menggunakan korelasi product moment untuk uji validitas, dan Alpha Cronbach untuk uji reliabilitas. Hasil validasi menunjukkan instrumen penelitian telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang BSD-Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,359 nilai thitung lebih besar dari ttabel (3.184 > 1,985) dan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh sebesar 9,4% terhadap kepuasan nasabah sedangkan 90,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah |
Depositing User: | Tia Mutiawati |
Date Deposited: | 03 May 2021 04:40 |
Last Modified: | 03 May 2021 04:40 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4861 |
Actions (login required)
View Item |