HUBUNGAN PENERAPAN PRINSIP METODE MONTESSORI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS UPPER ELEMENTARY DI PALM TREES MONTESSORI SCHOOL TANGERANG SELATAN

Ade, Oktaviani (2020) HUBUNGAN PENERAPAN PRINSIP METODE MONTESSORI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS UPPER ELEMENTARY DI PALM TREES MONTESSORI SCHOOL TANGERANG SELATAN. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang terdapat pada prinsip metode montessori dengan minat belajar siswa. Prinsip metode montessori dipilih untuk meningkatkan hubungan minat belajar siswa yang tedapat dalam sekolah Palm Trees Montessori School di Tangerang Selatan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe korelasi. Data dianalisis melalui statistik korelasi product moment pearson mengunakan SPSS versi 24 for Windows. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa nilai penerapan prinsip metode montessori adalah 73,55% dari yang diharapkan dengan kategori sedang, nilai minat belajar siswa adalah sebesar 44,1% dengan kategori sedang dari yang diharapkan, terdapat hubungan yang signifikan antara prinsip metode montessori dengan minat belajar siswa kelas upper elementary di Palm Trees Montessori School Serpong Tangerang Selatan, dilihat dari hasil korelasi variabel X dan variabel Y pada koefisien determinan sebesar 46,9% dan sisanya 53,1% . dengan memperhatikan besarnya rxy yaitu 0,685 yang besarnya berkisar antara 0,600- 0,799 berarti korelasi antara variabel X dan variabel Y termasuk dalam kategori yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: prinsip metode montessori, minat belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 03 May 2021 05:18
Last Modified: 03 May 2021 05:18
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4855

Actions (login required)

View Item View Item