UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XII DI SMA YADIKA 3 TANGERANG

Muhammad, Vadli Ramli (2020) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XII DI SMA YADIKA 3 TANGERANG. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
skripsi.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Disiplin merupakan sesuatu yang sangat penting dalam ajaran Islam, bahkan dapat dikatakan bahwa Islam adalah agama disiplin. Hampir seluruh ibadah-ibadah Islam mengandung pengajaran dan latihan disipilin. Kewajiban untuk menunaikan Sholat dengan syarat dan rukun atau tata cara tertentu jelas mengandung pelajaran dan pelatihan disiplin. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedidiplinan siswa kelas XII di SMA YADIKA 3 Tangerang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (qualitative research). Nana Syaodih Sukmadinata menyatakan bahwa penelitian kualitatif (qualitative research) adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk mendiskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Dari hasil penelitian tentang pengembangan sikap disiplin siswa kelas XII di SMA Yadika 3 Tangerang, dapat disimpulkan bahwa Masalah disiplin merupakan suatu hal yang penting bagi seorang guru. Tanpa adanya kedisiplinan yang besar di dalam setiap diri guru maka alam kelabu akan selalu menutupi dunia pendidikan dan pengajaran

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 03 May 2021 03:35
Last Modified: 03 May 2021 03:35
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4849

Actions (login required)

View Item View Item