Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Ummi pada Materi Bacaan Mad di Kelas VII SMPN 251 Jakarta

Achmad, Firmansyah (2020) Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Ummi pada Materi Bacaan Mad di Kelas VII SMPN 251 Jakarta. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
. SKRIPSI.PDF - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Salah satu kendala yag dihadapi siswa dalam membaca Al-Qur’an adalah belum digunakannya metode yang tepat. Terdapat banyak pilihan metode yang dapat dipergunakan para pendidik agar para siswa mampu memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an sesuai dengan apa yang diharapkan. Salah satunya adalah metode ummi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan metode ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di SMPN 251 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classromm action research) Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 251 Jakarta. Teknik pengumpulan data dengan observasi wawancara dan tes. Populasi target penelitian adalah seluruh siswa SMPN 251 Jakarta berjumlah 630 siswa. Populasi terjangkau atau kerangka sampel sejumlah 185 dari seluruh kelas 7 yang terdiri dari 6 rombongan belajar. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yaitu kelas 7-1. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pada pra siklus nilai rata-rata kelas 48,53 siswa yang tuntas 5 siswa dengan prosentase ketuntasan klasikal 16,67%. (2) Pada siklus I nilai rata-rata kelas 62,86 siswa yang tuntas 13 siswa dengan prosentase ketuntasan klasikal 43, 33% . (3) Pada siklus II yaitu nilai rata-rata kelas 78,8 siswa yang tuntas 26 siswa dengan prosentase ketuntasan klasikal 86,67%. Jadi peningkatan metode ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an sebesar 26.67 % pada siklus pertama dan 43,34 % pada siklus kedua. Dengan demikian terdapat peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada para siswa di SMPN 251 Jakarta melalui metode ummi

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Bacaan Mad
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 03 May 2021 03:35
Last Modified: 03 May 2021 03:35
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4847

Actions (login required)

View Item View Item