PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI BNI SYARIAH KANTOR CABANG BEKASI DENGAN PENDEKATAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)

Robiatusyifa, Robiatusyifa (2020) PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI BNI SYARIAH KANTOR CABANG BEKASI DENGAN PENDEKATAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Terjadinya peningkatan jumlah kedatangan nasabah yang menggunakan fasilitas pelayanan bank sangat mempengaruhi kenyamanan dari nasabah itu sendiri. Selain itu, tingginya arus kedatangan nasabah pada waktu-waktu tertentu menyebabkan antrian yang panjang dan lama. Subjek dari penelitian ini adalah pelayanan yang dilakukan customer service dan teller. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan kualitas pelayanan di BNI Syariah Kantor Cabang Bekasi dengan pendeketan Customer Relationship Management (CRM). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer yaitu kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber sekunder yaitu data yang diperoleh dari studi kepustakaan untuk melengkapi data-data primer. Hasil penelitian yang telah dilakukan, kualitas layanan di BNI Syariah sudah cukup baik, ini dibuktikan dengan hasil keseluruhan kuesioner yaitu segi ruang pelayanan bersih dan nyaman, peralatan bank canggih dan modern, karyawan berpenampilan rapi, melayani nasabah dengan senyum dan salam, cepat dan tanggap dalam mengatasi keluhan nasabah, membuat nasabah merasa nyaman dan aman saat melakukan transaksi dan nasabah merasa puas dan senang dengan pelayanan yang diberikan. Dalam mewujudkan kualitas layanan yang baik, bank BNI Syariah harus selalu menjaga hubungan baik jangka panjang kepada nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Tia Mutiawati
Date Deposited: 29 Apr 2021 06:45
Last Modified: 29 Apr 2021 06:45
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4835

Actions (login required)

View Item View Item