ANALISIS SWOT TERHADAP PENGEMBANGAN STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN FINTECH SYARIAH DI INDONESIA (Studi Kasus pada PT. Ammana Fintek Syariah)

A. Wasis, Efendi (2020) ANALISIS SWOT TERHADAP PENGEMBANGAN STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN FINTECH SYARIAH DI INDONESIA (Studi Kasus pada PT. Ammana Fintek Syariah). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sektor keuangan atau finansial merupakan sektor yang memiliki peran penting dalam perekonomian dan terus mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Saat ini terdapat 164 fintech yang telah terdaftar/berizin di OJK yang terdiri dari 152 penyelenggara bisnis konvensional dan 12 penyelenggara bisnis syariah. Perlu adanya pengembangan strategi bisnis dari perusahaan financial technology (fintech) syariah di dalam keuangan Islam yang semakin berkembang. Terdapat kekuatan, peluang, ancaman dan tantangan yang dihadapi dalam menjalankan kegiatan usahanya yang memungkinkan adanya strategi dalam pengembangan bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan strategi bisnis perusahaan fintech syariah pada perusahaan finansial tekhnologi Ammana. Metode dalam Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Jenis metode penelitian deskriptif yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan analisis SWOT yang kemudian dituangkan dan dipaparkan dalam bentuk deskriptif atau narasi. Subjek penelitian ini yaitu pengurus PT. Ammana Fintek Syariah untuk mendapatkan informasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peluang bisnis di Indonesia yang potensial, yaitu kebutuhan generasi millennials akan akses keuangan digital yang mudah dan solutif serta susahnya akses keuangan bagi masyarakat kecil di daerah dimanfaatkan oleh Ammana dengan kekuatan internal yang di miliki. Dalam mengembangkan kegiatas bisnis peer to peer lending Ammana bekerjasama dengan mitra lembaga keuangan mikro syariah dan memunculkan produk solutif sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Ammana melihat ancaman sebagai suatu perbaikan perusahaan untuk tetap memberikan pelayanan yang optimal dalam menjawab tantangan bisnis pada era saat ini. Hasil analisis matriks SWOT memberikan beberapa strategi diantaranya steategi S-O, strategi W-O, strategi ST dan strategi WT yang dapat diterapkan fintech syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Tia Mutiawati
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:32
Last Modified: 08 Mar 2023 03:49
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4827

Actions (login required)

View Item View Item