Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Kisah Sahabat Kholifah Abu Bakar As Shiddiq RA Melalui Metode Ceramah Plus dan Diskusi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebon Kacang 05
Oman, Lukman Hakim (2020) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Kisah Sahabat Kholifah Abu Bakar As Shiddiq RA Melalui Metode Ceramah Plus dan Diskusi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebon Kacang 05. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
Skripsi.pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Maraknya industri film dan tontonan yang kurang mendidik yang tak layak dijadikan tuntunan, yang membuat kami merasa prihatin akan perkembangan anak didik kami. Mereka lebih mengenal dan menjadikan artis idola mereka daripada pejuang-pejuang Islam. Maka berdasarkan hal tersebut diatas, kami mengadakan Penelitian Tindakan Kelas. Adapun tujuannya adalah mengetahui dan menyempurnakan hasil belajar PAI materi kisah sahabat Kholifah Abu Bakar As Shiddiq dan juga dapat meningkatkan antusias dan semangat belajar peserta didik serta dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kebon Kacang 05 - Jakarta Pusat pada siswa kelas V terdiri dari 29 siswa, diantaranya 12 putri dan 17 putra dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Ceramah Plus dan Diskusi melalui proses pengkajian yang terdiri dari 4 tahapan. Pertama, perencanaan. Kedua, tindakan. Ketiga, observasi. Keempat refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I hasil yang kurang/tidak tuntas. Dan karena kurang/ tidak tuntas tersebut kami menggunakan metode ceramah plus dan diskusi. Kemudian peneliti menggunakan metode tersebut di siklus II dengan memakai media video cerita sahabat Kholifah Abu Bakar as Shiddiq ra . Dan kesimpulan yang peneliti dapat adalah dengan menggunakan metode ceramah plus dan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Materi Kisah Kholifah Abu Bakar As Shiddiq. Penggunaan metode ceramah plus dan diskusi tersebut mempunyai efek yang baik ketika diterapkan pada siswa kelas V
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, metode belajar, ceramah plus dan diskusi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 04:47 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 04:47 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4811 |
Actions (login required)
View Item |