Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa SDN 03 Kapuk Muara Jakarta

Fikri, Budiawan (2020) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa SDN 03 Kapuk Muara Jakarta. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi siswa dalam meningkatkan membaca Alquran adalah yang pertama, kurangnya kemauan siswa dalam belajar Alquran karena siswa terlalu sering menghabiskan waktu dengan bermain dari pada meluangkan waktunya untuk meningkatkanb kemampuan membaca Alquran, yang kedua, kurang nya perhatian orang tua, yang ketiga, lingkungan yang kurang mendukung. Menyikapi hal ini tentunya peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengupayakan peningkatan kemampuan siswa membaca Alquran di SDN 03 Kapuk Muara utara sangatlah penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa di SDN 03 Kapuk Muara Jakarta Utara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer yaitu lepala sekolah, wakil kurikulum, guru pendidikan agama islam, dan siswa kelas VI, sedangkan sumber data sekunder antara lain yaitu arsip data dan dokumen resmi SDN 03 Kapuk Muara Jakarta Utara. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa di SDN 03 Kapuk Muara. 70% siswa sudah mampu dan lancer sesuai dengan ilmu tajwid, hasil dengan menggunakan metode qiraati, klasikal, setoran hafalan, tutor sebaya, dan pengelompokkan siswa-siswa yang bermasalah. Sedangkan factor pendukung yaitu adanya program pembiasaan tadarus di tiap awal pembelajaran, pendalaman materi Alquran oleh guru pendidikan agama Islam dan kondisi kelas yang nyaman bdan kondusif sehingga membuat siswa lebih fokus untuk membaca Alquran. Faktor penghambatnya yaitu kurang perhatiannya orangtua, dari masing-masing siswa dan factor lingkungan yang tidak mendukung untuk siswa mengasah kemampuan membaca Alquran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Kemampuan Membaca Alquran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:47
Last Modified: 28 Apr 2021 04:47
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4810

Actions (login required)

View Item View Item