Pengaruh Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar PAI di SMP Islam Dewan Da’wah Kabupaten Bekasi
Iis, Uswatun Hasanah (2020) Pengaruh Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar PAI di SMP Islam Dewan Da’wah Kabupaten Bekasi. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Salah satu kendala yang dihadapi siswa dalam meningkatkan hasil belajar PAI adalah belum digunakannya model yang tepat. Terdapat banyak pilihan model yang dapat dipergunakan para pendidik agar para siswa mampu meningkatkan hasil belajar PAI sesuai yang diharapkan. Salah satunya adalah model kooperatif tipe Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe mind mapping terhadap hasil belajar PAI di SMP Islam Dewan Da’wah Kabupaten Bekasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan metode eksperimen dan menggunakan disain Post test only grup design. Populasi target penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Islam Dewan Da’wah Kabupaten Bekasi yang berjumlah 60 siswa. Populasi terjangkau/kerangka sampel sejumlah 60 siswa yang terdiri atas 2 rombongan belajar. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa dari 2 rombongan belajar yaitu kelas VIII.A dan VIII.B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen utama. Teknik analisis data menggunakan t- test, yaitu membandingkan rerata dua kelompok. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Islam Dewan Da’wah Kabupaten Bekasi dengan model kooperatif tipe Mind Mapping dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Islam Dewan Da’wah Kabupaten Bekasi tanpa model kooperatif tipe Mind Mapping. Hal ini dapat dibuktikan dari perbandingan antara Thitung (3,18) lebih besar dari Ttabel (2,00) pada = 0,05, artinya Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Islam Dewan Da’wah Kabupaten Bekasi dengan model kooperatif tipe Mind Mapping lebih baik daripada Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Islam Dewan Da’wah Kabupaten Bekasi tanpa model kooperatif tipe Mind Mapping
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 02:26 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 02:26 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4801 |
Actions (login required)
View Item |