Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa MTs Muhammadiyah 02 Bekasi

Silmi, Syavitri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa MTs Muhammadiyah 02 Bekasi. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
Skripsi.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi siswa dalam mempelajari pendidikan agama islam khususnya materi Fiqih adalah belum digunakannya model pembelajaran yang tepat. Terdapat banyak model pembelajaran yang dapat digunakan pendidik agar para siswa mampu memahami pelajaran fiqih dengan baik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar fiqih siswa MTs Muhammadiyah 02 Bekasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode eksperimen dan menggunakan Postest Only Group The Design. Populasi target penelitian adalah seluruh siswa MTs Muhammadiyah 02 Bekasi yang berjumlah 136 siswa. Populasi terjangkau/kerangka sampel sejumlah 42 dari seluruh kelas VIII yang terdiri atas dua rombongan belajar. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa dari dua rombongan belajar dari kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen utama. Teknik analisis data menggunakan t-test, yaitu membandingkan rata-rata dua kelompok. Hasil penelitian menunjukan bahwa r hitung = 0,68 dengan interpretasi tinggi, sedangkan besarnya pengaruh antara kedua variable tersebut sebesar 0,46 artinya model pembelajaran Snowball Throwing memberikan kontribusi terhadap Hasil Belajar Fiqih sebesar 46,0 %, sisanya 54,0 % ditentukan oleh faktor lain, pengaruhnya signifikan karena t hitung (5,59) lebih besar dari t tabel (1,69) pada =0,05. Dengan kata lain semakin diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing semakin tinggi Hasil Belajar Fiqih. Dengan demikian secara statistik terjadi peningkatan yang signifikan pada Hasil Belajar Fiqih pada kelas eksperimen. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Bekasi

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Hasil Belajar Fiqih
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 27 Apr 2021 06:22
Last Modified: 27 Apr 2021 06:22
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4800

Actions (login required)

View Item View Item