UPAYA GURU BACA TULIS QURAN (BTQ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN SISWA MIN 3 TANGERANG SELATAN, BANTEN
Fitri, Awaliyah (2020) UPAYA GURU BACA TULIS QURAN (BTQ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN SISWA MIN 3 TANGERANG SELATAN, BANTEN. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
Skripsi.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Tangerang Selatan merupakan sekolah negeri setara sekolah dasar yang terletak di Tangerang Selatan. Sekolah ini memiliki program unggulan muatan lokal yaitu program hafalan Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan siswa dalam menghafal Alquran, (2) upaya guru dalam meningkatkan hafalan siswa, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program menghafal Alquran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data indept interview, observasi partisipan dan pemeriksaan dokumen. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan Model interaktif Milles and Hubberman (1984) dengan tahapan collecting data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan secara bersamaan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber data, metode, waktu. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa MIN 3 Tangerang Selatan dapat diklasifikasikan menjadi tiga tingkatan yaitu siswa memiliki kemampuan menghafal tinggi berjumlah 285 siswa (78,7%) dengan rentang nilai 81-100, siswa yang memiliki kemampuan menghafal sedang berjumlah 71 siswa (19,6%) dengan rentang nilai 70- 80 dan siswa yang memiliki kemampuan menghafal rendah berjumlah 6 siswa (1,7%) dengan rentang nilai di bawah 70. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa yang mempunyai kemampuan sedang di MIN 3 Tangerang Selatan mendominasi, (2) upaya guru BTQ dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Alquran terkait dengan perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. (3) Faktor yang menjadi pendukung upaya guru dalam meningkatkan hafalan Alquran siswa MIN 3 Tangerang Selatan adalah (a) siswa yang sudah dapat membaca Alquran dengan lancar, (b) motivasi dan dukungan orang tua, (c) penggunaan Alquran tikrar yang memudahkan siswa dalam menghafal Alquran. Sedangkan faktor penghambat diantaranya, (a) kemampuan membaca dan menghafal setiap anak yang berbeda, (b) alokasi waktu yang kurang sedangkan target hafalan tinggi, (c) kurangnya dukungan dan motivasi orangtua di rumah
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menghafal Siswa, Upaya Guru, Faktor Pendukung dan Penghambat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 06:22 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 06:22 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4798 |
Actions (login required)
View Item |