Pengaruh Model Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di SMP Islam Al Hilal Bekasi

Intan, Sari (2020) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di SMP Islam Al Hilal Bekasi. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi siswa dalam mengafal kosa kata dan memahami kata ganti bahasa Arab adalah belum digunakan model pembelajaran yang tepat. Terdapat banyak model yang dapat dipergunakan para pendidik agar para siswa mampu memiliki kemampuan mengafal kosa kata dan memahami kata ganti bahasa Arab sesuai dengan yang diharapkan . salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Mind Maping terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Islam Al Hilal Bekasi Timur. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan metode eksperimen semu (Quasi Experimental Design), dan menggunakan desain post test only grup design. Populasi terget penelitian adalah seluruh siswa SMP Islam Al Hilal Bekasi Timur yang berjumlah 283 siswa. Populasi terjangkau/kerangka sampel berjumlah 102 dari seluruh kelas 8 yang terdiri atas empat rombongan belajar. Sampel penelitian berjumlah 46 siswa dari dua rombongan belajar yaitu 8.3 dan 8.4 Teknik analisis data menggunakan tes sebagai instrumen utama. Teknik analisis data menggunakan t-test, yaitu membandingkan rerata dua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan t hitung (2,182) > t tabel (1,680), artinya H o ditolak dengan R 2 sebesar 0,75275. Jadi pengaruh model kooperatif tipe Mind Mapping sebesar 75,275%. Dengan demikian terdapat pengaruh model kooperatif tipe Mind Mapping terhadap Hasil Belajar bahasa Arab di SMP Islam Al Hilal Bekasi Timur

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 26 Apr 2021 04:52
Last Modified: 26 Apr 2021 04:52
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4787

Actions (login required)

View Item View Item