Peran Boarding School terhadap Pembinaan Akhlak Siswa Kelas XI di SMA Insan Cendekia Madani BSD Serpong Tangerang Selatan

Muhammad, Yahya (2020) Peran Boarding School terhadap Pembinaan Akhlak Siswa Kelas XI di SMA Insan Cendekia Madani BSD Serpong Tangerang Selatan. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
Skripsi.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Akhir-akhir ini dunia pendidikan menyajikan fakta yang memprihatinkan. Persoalan penyimpangan perilaku siswa sampai pada titik mencengangkan, di mana lembaga pendidikan formal mengalami kegagalan membentuk sikap dan perilaku siswa, atau yang biasa disebut akhlak. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana implemetasi pembentukan akhlak mulia siswa kelas XI di SMA Insan Cendekia Madani BSD. Penelitian yang dilakukan di Boarding School Insan Cendekia Madani menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis metode penelitian yang dipakai adalah studi kasus (etnografi), sehingga mampu menjelaskan perubahan akhlak siswa dan mengetahui kendala dan hambatan yang di hadapi. Peran pendidikan berbasis asrama yang terdapat pada SMA Insan Cendekia Madani di BSD Serpong Tangerang Selatan ini menunjukkan hasil yang efektif untuk melakukan pembinaan akhlak mulia terhadap siswa. Program-program pembinaan akhlak yang diselenggarakan, mampu mempengaruhi akhlak siswa, meskipun harus diawali dengan pembiaasan dan keteladanan

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Boarding School, SMA Insan Cendikia Madani
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 26 Apr 2021 03:41
Last Modified: 26 Apr 2021 03:41
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4782

Actions (login required)

View Item View Item