UPAYA GURU PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI SMA AL- MUHAJIRIN JAKARTA UTARA
AZZAM, AL KHAIRI (2020) UPAYA GURU PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI SMA AL- MUHAJIRIN JAKARTA UTARA. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
AZZAM AL KHAIRI (2015510069).pdf - Published Version Download (5MB) |
Abstract
Seiring dengan perhatian pemerintah terhadap pendidikan akhlak, nampaknya ada beban besar yang harus dipikul oleh guru sebagai pelaksana pendidikan di sekolah. Hal ini tidaklah mudah mengingat masalah yang dihadapi dalam pembentukan akhlak siswa juga cukup rumit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) upaya guru dalam membentuk akhlak siswa, (2) faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam membentuk akhlak siswa, dan (3) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam upaya membentuk akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan dengan, guru PAI kelas XI, dan siswa sebagai subyek penelitiannya. Hasil penelitian ini yaitu (1) guru tidak hanya memiliki peranan untuk mentransfer ilmu saja melainkan juga berperan dalam mengajarkan nilai-nilai yang baik untuk membentuk pribadi siswa menjadi manusia seutuhnya; (2) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam upaya membentuk akhlak siswa di SMA Al- Muhajirin yaitu kemampuan siswa dalam menyerap apa yang diajarkan oleh guru di sekolah, mau tidaknya siswa untuk menerapkan nilai-nilai yang sudah diajarkan di sekolah, dan lingkungan; (3) upaya yang guru PAI lakukan dalam membentuk akhlak siswa yaitu menjalin komunikasi yang baik dengan siswa serta sharing tentang masalah-masalah atau kesulitan yang dihadapi oleh siswa disekolah. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa guru PAI memiliki peran sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih. Kendala yang dihadapai guru dalam pembentukan akhlak siswa dapat digolongkan ke dalam dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kendala tersebut salah satunya yaitu dengan menjalin komunikasi yang baik dengan siswa serta sharing tentang masalah-masalah atau kesulitan yang dihadapi oleh siswa disekolah. Saran yang dapat peneliti ajukan antara lain yaitu guru dan kepala sekolah merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan, agar pelaksanaan pembelajaran berhasil sesuai dengan cita-cita dan sasaran yang diharapkan, kuncinya terletak pada kesiapan, kamauan dan kemampuan pendidik untuk melaksanakan program pembelajaran dengan sebaik- baiknya
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak, Siswa, PAI, SMA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 26 Apr 2021 03:41 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 03:41 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4780 |
Actions (login required)
View Item |