ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta)

SAMNIA, SAMNIA (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa menabung di Bank Syariah. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mencari pengaruh antara variabel bebas (independent variable) dengan variable terikat (dependent variable). Populasi target penelitian adalah seluruh mahasiswa program studi Perbankan Syariah Angkatan 2018 yang berjumlah 362 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah 50 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yaitu pengumpulan data berupa pertanyaan tertulis untuk memperoleh keterangan dari sejumlah responden. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesa (uji t dan uji F), pengolahan datanya menggunakan SPSS versi 25. Uji parsial (uji t) menunjukkan masing-masing variabel diperoleh hasil bahwa semua variabel yang diteliti memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa menabung di Bank Syariah. Variabel-variabel tesebut yaitu variabel lokasi sebesar 0,233 atau 23,3%, kualitas pelayanan sebesar 0,117 atau 11,7%, pengetahuan sebesar 0,203 atau 20,3%, dan persepsi sebesar 0,125 atau 12,5%. Besarnya persentase tersebut menunjukkan besarnya pengaruh variable independen terhadap variabel dependennya, yaitu pengaruh lokasi, kualitas pelayanan, pengetahuan, dan persepsi terhadap minat mahasiswa menabung di Bank Syariah. Hasil uji simultan (uji F) pada semua variabel independen diperoleh F hitung sebesar 84,190 sedangkan F tabel sebesar 2,70 hal ini berarti F hitung 84,190 > F tabel 2,70. Sehingga pengaruh lokasi, kualitas pelayanan, pengetahuan, dan persepsi dapat dikatakan secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat mahasiswa menabung di Bank Syariah. Dari hasil uji koefisien determinasi diperoleh persentase sebesar 72,5%, hal ini menunjukkan 72,5% faktor-faktor yang mempengaruhi minat minat mahasiswa menabung di Bank Syariah lokasi, kualitas pelayanan, pengetahuan, dan persepsi. sehingga sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Tia Mutiawati
Date Deposited: 24 Apr 2021 03:55
Last Modified: 24 Apr 2021 03:55
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4771

Actions (login required)

View Item View Item