UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 TANGERANG SELATAN
Yesi, Rohmawati (2021) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 TANGERANG SELATAN. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI1.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah Peserta didik di SMP Negeri 8 Tangerang Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020- Desember 2020. Pendidikan Islam adalah usaha mengubah tingkah laku individu dalam kehidupan pribadinya atau kemasyarakatannya dan dalam alam sekitarnya melalui proses pendidikan yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam. Melalui pendidikan agama Islam diharapkan peserta didik menjadi orang yang mempunyai akhlakul karimah yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data (verification). Adapun hasil penelitian yaitu Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di SMP Negeri 8 Tangerang Selatan yang dilakukan melalui metode dan melalui kegiatan-kegiatan. Upaya yang dilakukan melalui metode yaitu dengan cara keteladanan, pemberian nasihat dan dengan teguran atau peringatan. Sedangkan upaya lain yang dilakukan dengan kegiatan-kegiatan berupa kegiatan yang dilakukan di dalam jam pelajaran dan kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran untuk dapat meningkatkan akhlakul karimah peserta didik. Akhlak peserta didik di SMP Negeri 8 Tangerang Selatan sudah dapat dikatakan memiliki akhlakul karimah atau akhlak yang baik. Hampir dari tiap pada diri peserta didik itu sudah baik akhlaknya, baik akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap orang tua atau yang lebih tua, akhlak terhadap teman sebaya atau yang lebih muda dan akhlak terhadap lingkungannya sudah dapat dikatakan baik. Faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik sebagai berikut : 1) Kemauan diri Sendiri, 2) Orang tua, 3) Guru dan 4) Fasilitas. Sedangkan faktor penghambat nya yaitu : 1) Latar belakang keluarga yang berbeda, 2) Pergaulan dengan temannya dan 3) Media sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Yahya Yahya |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 06:54 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 06:54 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4762 |
Actions (login required)
View Item |