UPAYA GURU DALAM MENGAJARKAN AL-QUR’AN BRAILLE TERHADAP SISWA TUNANETRA MELALUI PEMBELAJARAN DARING (Studi Kasus di Yayasan Raudlatul Makfufin Serpong Tangsel)

Revillia, Sisliwanti (2021) UPAYA GURU DALAM MENGAJARKAN AL-QUR’AN BRAILLE TERHADAP SISWA TUNANETRA MELALUI PEMBELAJARAN DARING (Studi Kasus di Yayasan Raudlatul Makfufin Serpong Tangsel). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI REVILLIA SISLIWANTI.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan upaya-upaya guru yang dilakukan guru dalam pembelajaran AlQur‟an braille secara daring kepada siswa tunanetra di yayasan Raudlatul Makfufin. Tunanetra adalah kecacatan fisik, kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indera penglihatannya. Sehingga untuk belajar secara daring siswa tunanetra perlu beradaptasi dan beberapa membutuhkan peran orangtua. Upaya guru menjadi point terpenting pada penelitian ini. Salah satu kendala yang dihadapi dalam belajar Al-Qur‟an braille adalah terdapat masalah jaringan internet. Kemudian permasalahan yang terletak pada kepekaan dalam pendengaran saat guru mengajarkan makhorijul huruf dalam pembelajaran daring. Penelitian ini mengambil 5 (lima) orang narasumber, yang terdiri dari dua orang guru, satu orang kepala pesantren, dua orang siswa tunanetra. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan dengan tidak terstruktur dengan pedoman wawancara. Teknik observasi dilakukan dengan berpedoman pada pedoman observasi. Analisi data penelitian bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hambatan-hambatan yang dihadapi siswa tunanetra dapat di minimalisir dengan beberapa faktor pendukung dan upaya-upaya yang diusahakan oleh guru dan pihak sekolah/pesantren, artinya upaya guru dalam mengajarkan Al-Qur‟an braille terhadap siswa tunanetra melalui pembelajaran daring ini memberikan pengaruh pada kegiatan belajar mengajar meskipun ada permasalahan yang belum bisa diatasi salah satunya masalah jaringan tiap daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 22 Apr 2021 05:15
Last Modified: 22 Apr 2021 05:15
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4746

Actions (login required)

View Item View Item