IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS SMP NEGERI 11 KOTA TANGERANG SELATAN)
Afifah, Wardah (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS SMP NEGERI 11 KOTA TANGERANG SELATAN). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
Skripsi Afifah Fix.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran elearning pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Latar belakang dalam penelitian ini adalah terkait dengan peran teknologi yang sudah sangat maju dengan adanya internet menciptakan sebuah media pembelajaran yang disebut dengan e-learning. Media e-learning sendiri digunakan dalam pembelajaran elearning pada mata pelajaran pendidikan agama islam yaitu, supaya lebih memudahkan guru dan siswa di SMP Negeri 11 Kota Tangerang Selatan. Hasil dari penelitian ini teknologi yang sudah maju dan berkembang dalam media elearning dapat dimaksimalkan secara baik dengan memanfaatkan berbagai aplikasi komunikasi. Jenis penelitian deskriptif yang digunakan adalah studi kasus (case study). yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung dilokasi penelitian. penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah implementasi pembelajaran e-learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 11 Kota Tangerang Selatan. Sedangkan yang menjadi subjeknya adalah guru pendidikan agama islam kelas VIII dan guru pendidikan agama islam kelas IX. Untuk memperoleh data dalam penelitian menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam teknis menganalisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat menujukan bahwa implementasi pembelajaran elearning mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 11 Kota Tangerang Selatan. Media pembelajaran e-learning berperan sebagai media alternatif dalam pembelajaran e–learning. Karena dengan adanya media elearning siswa dapat mempelajari materi pendidikan agama islam secara lebih intensif dan mandiri. Hal ini dilakukan untuk tercapainya tujuan yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Yahya Yahya |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 05:15 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 05:15 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4745 |
Actions (login required)
View Item |