Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa di SMP Negeri 110 Jakarta

Nissa, Firanita Devi (2021) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa di SMP Negeri 110 Jakarta. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
Revisi fix nfd.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena lunturnya budaya literasi karena minat literasi siswa-siswi di Indonesia masih sangat kurang. Dalam menyikapi hal ini tentunya guru Pendidikan Agama Islam juga mengupayakan dalam meningkatkan budaya literasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya literasi siswa di SMP Negeri 110 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kulitatif deskriptif. Sumber data utama yaitu kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, pustakawan, siswa kelas VIII dan IX, dan sumber data tambahan berupa dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) pembiasaan literasi dengan jadwal yang berbeda, dan penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) membaca 15 menit sebelum pembelajaran, (2) upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam beragam, seperti membaca materi sebelum pembelajaran dimulai, dilakukan apersepsi, diskusi bersama, setoran hafal, dan melakukan pembelajaran di luar kelas; (3) faktor pendukung dari pemerintah, orang tua, guru, serta sarana dan prasarana yang mendukung, sedangkan faktor penghambat adalah faktor internal yaitu dari dalam diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 22 Apr 2021 05:14
Last Modified: 22 Apr 2021 05:14
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4741

Actions (login required)

View Item View Item