Implementasi Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Darisng Siswa SD Al Muslim Tambun Bekasi

Risti, Fatihatul Afifah (2021) Implementasi Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Darisng Siswa SD Al Muslim Tambun Bekasi. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI RISTI FATIHATUL AFIFAH PDF.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran membaca AlQur’an adalah belum digunakannya metode yang tepat. Terdapat banyak pilihan metode yang dapat dipergunakan para pendidik agar para siswa mampu memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an sesuai dengan yang diharapkan. Salah satuna adalah metode Tilawati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode Tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an daring siswa SD Al Muslim serta faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an daring siswa SD Al Muslim Tambun Bekasi. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang penyajian datanya disajikan dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator Tilawati, 5 orang guru dan 13 siswa di kelas Tilawati. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Implementasi Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Daring Siswa SD Al Muslim Tambun Bekasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Daring Siswa SD Al Muslim Tambun Bekasi berjalan dengan cukup baik dan lancar. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan belajar mengajar yang dapat dikelola dengan cukup baik oleh guru serta semangat dan keaktifan para siswa di kelas Tilawati dalam mengikuti proses pembelajaran jarak jauh (daring). Serta faktor pendukung berupa tenaga pengajar yang sudah bersyahadah, kemampuan guru dalam penguasaan metode Tilawati, media pembelajaran yang digunakan, minat belajar peserta didik, serta pendampingan orang tua. Adapun faktor penghambatnya berupa, kurang mampunya beberapa guru dalam pengelolaan kelas, kurangnya tenaga pengajar, serta gangguan koneksi jaringan yang tidak stabil dalam pembelajaran jarak jauh (daring).

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 22 Apr 2021 05:14
Last Modified: 22 Apr 2021 05:14
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4737

Actions (login required)

View Item View Item