Penggunaan Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an melalui Daring Siswa Kelas 5 di SDIT Menara Kuwait Kecamatan Tambun Selatan
Marwa, Fauziah (2021) Penggunaan Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an melalui Daring Siswa Kelas 5 di SDIT Menara Kuwait Kecamatan Tambun Selatan. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI MARWA FAUZIAH PDF.pdf - Published Version Download (7MB) |
Abstract
Salah satu kendala yang dihadapi siswa dalam menghafal ayat-ayat AlQur’an adalah belum digunakannya metode yang tepat. Terdapat banyak pilihan metode yang dapat dipergunakan para pendidik agar para siswa mampu memiliki kualitas hafalan Al-Qur’an sesuia dengan yang diharapkan. Salah satunya adalah metode talaqqi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode talaqqi dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an melalui daring siswa kelas 5 di SDIT Menara Kuwait Kecamatan Tambun Selatan. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket yang penyajian datanya disajikan dalam dianalisis dengan menggunakan analisis dekskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah, koordinator BTQ-Tahfidz, beberapa guru BTQ-Tahfidz dan beberapa siswa kelas 5. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penggunaan Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an melalui Daring serta faktor penghambat dan pendukung penggunaan metode talaqqi dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an melalui daring siswa kelas 5 di SDIT Menara Kuwait Kecamatan Tambun Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an melalui Daring Siswa Kelas 5 di SDIT Menara Kuwait Kecamatan Tambun Selatan berjalan masih kurang optimal, Namun dalam menjalankan kegiatan pembelajaran sudah cukup baik sesuai dengan RPP. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan belajar mengajar yang dikelola dengan cukup baik serta faktor pendukung berupa, latar belakang pendidikan guru mayoritas sudah lulusan sarjana yang memungkinkan mempunyai kompetensi guru yang baik. Adapun faktor penghambat berupa, media pembelajaran yang kurang maksimal digunakan salam daring, minat belajar siswa menurun selama pembelajaran daring, pendampingan orang tua yang kurang maksimal, serta koneksi jaringan yang tidak stabil.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Yahya Yahya |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 05:14 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 05:14 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4735 |
Actions (login required)
View Item |