PERAN MAJELIS TA’LIM DAARUL ILMI DALAM MENANAMKAN AKHLAK KEPADA REMAJA DI LINGKUNGAN VILLA GADING PARUNG BOGOR
Melli, Kaswati (2020) PERAN MAJELIS TA’LIM DAARUL ILMI DALAM MENANAMKAN AKHLAK KEPADA REMAJA DI LINGKUNGAN VILLA GADING PARUNG BOGOR. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan fenomena tentang semakin maraknya kerusakan akhlak di kalangan remaja, oleh karena itu Majelis Ta’lim Daarul Ilmi berusaha menjalankan perannya sebagai wadah dalam menanamkan akhlak kepada remaja di lingkungan Villa Gading Parung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) akhlak remaja di lingkungan Villa Gading parung; (2) peran Majelis Ta’lim Daarul Ilmi dalam menanamkan akhlak pada remaja di lingkungan Villa Gading Parung; (3) faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan akhlak kepada remaja di lingkungan Villa Gading Parung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan naratif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan untuk tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif mengikuti konsep yang diberikan Miles dan Huberman, yaitu analisis dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, pada setiap tahapan-tahapan penelitian sampai tuntas dan data sampai jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya akhlak remaja di lingkungan Villa Gading Parung sudah baik, perubahan akhlak pada diri remaja, seperti bersikap lebih sopan, santun, dan semakin disiplin, serta sejauh ini tidak terlibat narkoba. Majelis Ta’lim saat ini berperan sebagai wadah dengan memberikan fasilitas berupa Mushola sebagai tempat melaksanakan berbagai kegiatan seperti pengajian rutin, pemberian arahan-arahan positif dari guru pembimbing, shalawat. Adapun faktor yang mendukung Majelis Ta’lim menjalankan perannya yaitu: (1) harapan dan semangat membangun dari orang tua; (2) dukungan secara moril dan materiil; (3) tersedianya prasarana dan sarana Selain itu faktor penghambat Majelis Ta’lim Daarul Ilmi dalam menjalankan perannya yaitu: (1) keterbatasan sumber belajar; (2) guru pembimbing (SDM) professional; (3) waktu; (4) sumber pendanaan tetap; (5) belum memiliki jadwal dan tata tertib
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Majelis Ta’lim, Penanaman Akhlak Remaja |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 05:33 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 05:33 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4727 |
Actions (login required)
View Item |