Upaya Metode Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-F SMP pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Islam Al Istiqomah Depok)
Ayu, Amelia (2020) Upaya Metode Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-F SMP pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Islam Al Istiqomah Depok). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
Skripsi.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. berdasarkan hasil studi pendahuluan yang di adakan di SMP Islam Al-Istiqomah bahwa 50% anak di bawah KKM dan 50% anak yang di atas KKM yang disebabkan karena proses pembelajaran di kelas yang membosankan dan kurang bervariatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui hambatan dan kendala dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode Make a Match. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Sampel diambil sebanyak 34 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung di sekolah. analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP Islam Al-Istiqomah dengan menggunakan metode Make a Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam meningkat, peningkatan hasil belajar dapat diketahui dari hasil evaluasi belajar. Hasil pengamatan menunjukan peningkatan presentase hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan. Pada siklus I diketahui siswa yang tuntas 18 siswa dengan nilai rata- rata siswa 71. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas 31 siswa dengan nilai rata-rata 87. 2) Berdasarkan data yang sudah diuraikan di pembahasan penelitian, terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Make a Match. Hasil pengamatan selama tindakan mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I diketahui siswa yang mengikuti kegiatan dalam metode Make a Match mencapai 53% dan masih belum mencapai ketuntasan. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan yang dratis yaitu 91%. Maka penelitian ini dianggap sudah selesai dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode “Make a Match”
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Make a Match |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 03:47 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 03:47 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4721 |
Actions (login required)
View Item |