Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI di MAN 11 Jakarta Selatan

Nur, Azizah (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI di MAN 11 Jakarta Selatan. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
skripsi.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Proses kegiatan belajar mengajar pada faktanya para peserta didik hanya dituntut untuk menghafal dan menulis materi Sejarah Kebudayaan Islam, dan para peserta didik diharapkan mampu memahami materi yang dipelajari dengan baik, sehingga mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kurang mendapatkan hasil bagus oleh siswa karena kurangnya minat. Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif komparasi. Penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang paling dasar. Ditujukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang ada. Penelitian komparasi pada pokoknya adalah penelitian yang berusaha untuk menemukan persamaan dan perbedaan tentang benda, tentang orang, tentang prosedur kerja, tentang ide, kritik terhadap orang, kelompok, terhadap suatu ide atau suatu prosedur kerja. Data hasil penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t-tes. Dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar SKI kelas XI IPS yang menggunakan strategi CTL mempunyai rata-rata 82,5, dalam kategori baik karena berada di atas nilai KKM, nilai KKMnya adalah 74, sedangkan hasil belajar SKI kelas XI Agama yang menggunakan strategi konvensional mempunyai rata-rata 73.4 dalam kategori jelek karena berada di bawah nilai KKM. Hasil analisis statistik bahwa nilai sig (2-tailed) dari uji independent sample test adalah 0.000. jika nilai sig <0,05. Maka nilai hasil belajar SKI kelas XI Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI IPS yang menggunakan strategi belajar CTL terdapat perbedaan dengan siswa kelas XI Agama yang menggunakan strategi konvensional. Jadi hipotesa alternatif (Ha) yang diajukan yaitu ada perbedaan adalah diterima, dan hipotesa nihil (Ho) yang mengatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan adalah ditolak

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:47
Last Modified: 21 Apr 2021 03:47
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4720

Actions (login required)

View Item View Item