Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam Membina Karakter Siswa MAN 4 Jakarta Selatan

Hayatul, Mardiah (2020) Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam Membina Karakter Siswa MAN 4 Jakarta Selatan. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya guru aqidah akhlak dalam membina karakter siswa MAN 4 Jakarta Selatan. Penelitian dilakukan selama 9 bulan terhitung tanggal 8 Mei sd 9 Januari. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode untuk studi kasus. Suber data primer adalah guru Aqidah akhlak sebanyak 1 orang dan siswa XII IPA 5, sedangkan sumber data skunder adalah wakasek kesiswaan, wali kelas, guru mata pelajaran, dan siswa XII IPA 5. Pengumpulan data mengunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data mengunakan data trigulasi data di analisis melalui model interaktif dari Miles dan Huberman (1994) dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pemeriksaan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Nilai-nilai yang dijadikan keyakinan dan motivasi untuk bertindak siswa MAN 4 Jakarta Selatan adalah nilai-nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, dan komunikatif. (2) Implementasi membina karakter siswa MAN 4 Jakarta yaitu bahwa kegiatan yang berlangsung menandakan kepribadian siswa dibentuk dari segi karakter, siswa terus di latih dan dibiasakan dalam kesehariannya, agar karakter dapat tumbuh dari diri siswa itu sendiri. (3) Evaluasi pembinaan karakter dilakukan secara berkala baik mingguan, bulanan, triwulan, dan semesteran. hasil evaluasi menunjukan karakter siswa baik karena bentuk evaluasi yang dilakukan tidak hanya dikoordinasikan dengan para pendidik saja. (4) Faktor pendukung upaya guru akidah akhlak adalah: adanya kerjasama antara sekolah dengan orang tua dalam mengawasi, mendidik, dan membina siswa di sekolah maupun diluar sekolah, dan prasarana yang memadai seperti mushalla. Faktor penghambanya adalah keterbtasan waktu karena tidak bisa intens mendampingi siswa, pengawasan kurang optimal karena besarnya jumlah siswa, dan tugas guru lainnya sangat padat

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:47
Last Modified: 21 Apr 2021 03:47
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4715

Actions (login required)

View Item View Item