Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta didik di MI Raudhatul Islam Cirendeu
Riska, Yulita (2020) Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta didik di MI Raudhatul Islam Cirendeu. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bentuk kerjasama yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di MI Raudhatul Islam Cirendeu, 2) Untuk mengetahui intensitas kerjasama yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di MI Raudhatul Islam Cirendeu 3) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat kerjasama guru dan orang tua dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di MI Raudhatul Islam Cirendeu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian gabungan (Mixed research), dimana peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam satu proses penelitian. Adapun jenis penelitian gabungan ini dengan menggunakan strategi eksploratoris sekuensial. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Bentuk kerjasama yang dilakukan guru dan orang tua dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di MI Raudhatul Islam Cirendeu adalah melakukan pertemuan dengan orang tua murid, melakukan komunikasi secara langsung dengan guru, melakukan surat menyurat antara guru dengan orang tua, melakukan kunjungan langsung ke rumah orang tua peserta didik dan melakukan komunikasi dengan telepon/handphone. 2) , Intensitas kerjasama yang dilakukan guru-guru MI Raudhatul Islam Cirendeu dengan orang tua sebagian besar sudah berjalan dengan baik dan lancar. Seperti sudah terjadwalnya pertemuan dengan orang tua peserta didik, rutinnya kegiatan komunikasi antara guru dengan orang tua dan juga kunjungan guru ke rumah orang tua peserta didik yang sudah berjalan dengan baik. 3) Faktor pendukungnya adalah Dewan guru yang merupakan tenaga ahli dan professional, Sarana dan prasarana yang memadai, tersedianya media pembelajaran yang baik, Sikap keterbukaan dan peran serta dari sebagian orang tua dalam mengikuti pertemuan di sekolah dan Sifat-sifat yang dimiliki siswa 4) Faktor penghambatnya adalah Latar belakang yang berbeda-beda, potensi dan kondisi yang dimiliki siswa berbeda-beda, pemilihan metode yang kurang tepat saat pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 02:10 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 02:10 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4703 |
Actions (login required)
View Item |