Hubungan antara Motivasi Diri dengan Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi pada Prodi PAI Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta)

Ilham Samsul, Muhammad Akbar (2020) Hubungan antara Motivasi Diri dengan Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi pada Prodi PAI Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Dalam meraih prestasi pendidikan di perguruan tinggi secara umum adalah dengan belajar bersungguh-sungguh, kerja keras, memiliki motivasi untuk berprestasi, untuk mengembangkan kemampuan dalam memahami pelajaran. Indikator yang menentukan mahasiswa meraih prestasi akademik di kampus ialah dengan meninjau dari segi Indeks Prestasi Komulatif (IPK) sehingga yang melatar belakangi penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan motivasi diri mahasiswa terhadap prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-deskriptif. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan pada 90 mahasiswa yang ada di prodi PAI , fakultas agama islam, universitas muhammadiyah jakarta . Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang sangat tinggi antara hubungan motivasi diri terhadap prestasi akademik. Karena terdapat peningkatan IPK yang signifikan mahasiswa dari semester sebelumnya diperoleh nilai koefisien kolerasi antara hasil penelitian angket hubungan motivasi diri (x) terhadap prestasi akademik (y) adalah 1,00. karena indeks korelasi berada pada rentangan antara 0,90 – 1,00

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: motivasi diri, prestasi akademi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 21 Apr 2021 02:10
Last Modified: 21 Apr 2021 02:10
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4701

Actions (login required)

View Item View Item