PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BNI SYARI‟AH CABANG FATMAWATI
Mohamad, Noviar Widodo (2020) PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BNI SYARI‟AH CABANG FATMAWATI. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI .pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Dalam upaya untuk meningkatkan kekuatan di dalam persaingan antar bank yang semakin tinggi, tentunya tidak lepas dari pada peran penting Bank untuk mempertahankan nasabah agar tetap bertahan pada perusahaan, hal tersebut membuat Bank melakukan segala cara agar dapat menarik perhatian para nasabah dengan berbagai macam kemudahan bertransaksi, produk yang bervariasi, hingga meningkatkan kualitas pelayanan dengan memberikan kenyamanan dan fasilitas sebaik mungkin dan memadai. Memelihara loyalitas nasabah merupakan tuntutan yang harus dilaksanakan, karena dengan terpeliharanya loyalitas nasabah maka akan meningkatkan eksistensi perbankan, termasuk Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah bisa terjaga. BNI Syariah harus bisa memberikan pelayanan yang sangat baik agar tujuan untuk mempertahankan nasabah yang loyal dapat terwujud. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah apakah bauran pemasaran Jasa memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah pada BNI Syariah Cabang Fatmawati. Bauran pemasaran jasa tersebut diuraikan ke dalam operasional variabel independent yaitu : oranng (people), bukti fisik (physical evidence), serta proses (process). Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer dan teknik penentuan sampel yaitu sampling insidental menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 100 orang. Adapun proses hitung data menggunakan program statistik IBM SPSS v22 for Windows Release. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap loyalitas nasabah (studi pada BNI Syariah Cabang Fatmawati), untuk mengetahui pengaruh people, physical evidence dan process terhadap loyalitas nasabah BNI Syariah Cabang Fatmawati. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis dan dibahas untuk menjawab permasalahan yang diajukan. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel people adalah sebesar 0,554 lebih besar dari 0,05, artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara people terhadap loyalitas nasabah sehingga Ha1 ditolak dan Ho1 diterima. Nilai signifikansi variabel physical evidence adalah sebesar 0,762 lebih besar dari 0,05, artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara physical evidence terhadap loyalitas nasabah sehingga Ha2 ditolak dan Ho2 diterima. Nilai signifikansi variabel process adalah sebesar 0,441 lebih besar dari 0,05, artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara process terhadap loyalitas nasabah sehingga Ha3 diterima dan Ho3 ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah |
Depositing User: | Tia Mutiawati |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 04:53 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 04:53 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4699 |
Actions (login required)
View Item |