STRATEGI BANK BNI SYARIAH DALAM MELAKUKAN PENINGKATAN PELAYANAN MELALUI PRODUK DIGITAL (Studi Kasus pada Bank BNI Syari’ah Kantor Cabang Fatmawati)

Silmi, Afwan (2020) STRATEGI BANK BNI SYARIAH DALAM MELAKUKAN PENINGKATAN PELAYANAN MELALUI PRODUK DIGITAL (Studi Kasus pada Bank BNI Syari’ah Kantor Cabang Fatmawati). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi yang melaju membuat persaingan dalam dunia perbankan semakin ketat, hal ini membuat bank syariah harus belomba-lomba dengan bank lainnya agar dapat mampu tampil eksis dan bertahan serta memberikan pelayanan yang terbaik terhadap nasabahnya, dengan tujuan agar timbulnya sikap royal dari nasabah sebab kepuasan yang di dapat. Bank syariah harus melakukan upaya untuk tetap bertahan di tengah perkembangan teknologi dan persaingan dengan mengeluarkan layanan inovasi produk yang berbasis digital, karena dengan adanya layanan inovasi berbentuk digital tersebut akan membuat transaksi nasabah menjadi lebih efisien baik dari segi waktu, tempat, dan keamanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi y bank BNI Syariah KC Fatmawati dalam melakukan peningkatan pelayanan melalui produk digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang dimana metode ini digunakan oleh penulis untuk mendeskripsikan data-data yang telah diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi, dimana dalam teknik wawancara peneliti langsung mewawancarai narasumber yaitu Ibu Deby selaku Customer Service Head bank BNI Syariah KC Fatmawati. Sedangkan melalui teknik dokumentasi, peneliti mendapatkan info dengan bantuan media cetak, internet, serta catatan lapangan sebagai data tambahan untuk penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Bank BNI Syariah KC Fatmawati dalam melakukan peningkatan pelayanan melalui produk digital yaitu dengan menerapkan konsep dimensi pelayanan Bukti Fisik (Tangibles),dimana dimensi ini berhubungan dengan tampilan fisik, fasilitas teknologi informasi perusahaan termasuk akan menerbitkan dan menerapkan layanan inovasi produk digital yang bernama Hasanah Lifestyle, dimana didalam Hasanah Lifestyle tersebut terdapat aplikasi-aplikasi yang memudahkan masyarakat / nasabah dalam memenuhi kebutuhan transaksi hariannya, diantaranya : BRO (Buka Rekening Online), Wakaf Hasanah, Hasanah Payment, Hasanah Personal. untuk Aplikasi Hasanah Payment dan Hasanah Personal, baru akan diterapkan setelah ada persetujuan dari pihak BNI Pusat.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Tia Mutiawati
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:37
Last Modified: 20 Apr 2021 03:37
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4686

Actions (login required)

View Item View Item