Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Karakter Siswa (Studi Kasus pada Sekolah Dasar Alam Kebun Tumbuh Depok Tahun Ajaran 2019-2020)
Khairunisa, Khairunisa (2020) Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Karakter Siswa (Studi Kasus pada Sekolah Dasar Alam Kebun Tumbuh Depok Tahun Ajaran 2019-2020). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang yang melandasi penelitian ini adalah fenomena karakter yang muncul saat ini banyaknya kasus yang sering terjadi yaitu tindak kekerasan, bullying dan kenakalan remaja di dalam kalangan siswa. Maka dari itu, salah satu cara yang ditempuh untuk mencapai karakter yang baik melewati Pendidikan agama Islam. Pentingnya karakter dalam Pendidikan agama Islam dapat kita lihat dalam penekanan akhlak secara teoritis yang berpedoman dalam Al-Qur‟an dan Hadits. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana input, proses, outcome Pendidikan agama Islam dalam penguatan Karakter. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada sumber data yaitu kepala sekolah terkait dengan input, guru terkait dengan proses dan outcome. Dan siswa Sekolah Dasar Alam Kebun Tumbuh menjadi sumber data dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penguatan Karakter Siswa melalui Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Alam Kebun Tumbuh Depok Tahun Ajaran 2019-2020 dapat dilakukan melalui tiga tahap yakni Input, proses dan outcome. Input Pendidikan Agama Islam dilaksanakan cukup baik dalam membuat kebijakan mutu sekolah, sumber daya manusia dan manajemen sekolah yang mengacu pada peningkatan tercapainya tujuan karakter. Proses Pendidikan Agama Islam dalam menguatkan karakter terdiri dari strategi dan metode guru, guru dan siswa, kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakulikuler, pembiasaan, dan lingkungan sekolah. Outcome dari Pendidikan Agama Islam yaitu siswa yang sudah terinternalisasi nilai-nilai karakter diantaranya nilai-nilai karakter tersebut ialah religius, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 04:38 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 04:38 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4685 |
Actions (login required)
View Item |