Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) Pada Kelas X IPA SMA Negeri 54 Jakarta

Endang, Sumarsih (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) Pada Kelas X IPA SMA Negeri 54 Jakarta. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan ilmu dan tehnologi demikian pesatnya, sehingga mampu merubah keadaan manusia. Manusia dapat berbuat banyak hal yang bermanfaat dan banyak banyak mendapat kemudahan dengan adanya kemajuan tersebut. Termasuk dalam dunia pendidikan, kemajuan ilmu dan tehnologi membawa pengaruh yang positif, khususnya dalam kondisi mewabahanya covid 19, dimana semua aktivitas dilakukan dari rumah termasuk kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model PTK menurut Kemmis dan Robin Mc. Tanggar. Populasi siswa adalah seluruh siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 54 Jakarta berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen. Teknik analisis data dengan membandingkan rerata, menghitung prosentase dan membuat grafik batang pada pra siklus dan 2 siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kenaikan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 13,1 dan kenaikan sebesar 20,2 dari silklus satu ke siklua dua. Pada pra siklus terdapat terdapat 14,3% siswa yang memenuhi KKM, pada siklus satu terdapat 85,7% siswa yang memenuhi KKM dan pada siklus 2 terdapat 97% siswa yang memenuhi KKM. Dengan demikian metode pembelajaran jarak jauh dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 54 Jakarta

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 20 Apr 2021 04:34
Last Modified: 20 Apr 2021 04:34
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4677

Actions (login required)

View Item View Item