Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menulis Alquran Melalui Media Card Sort (Penelitian Tindakan Kelas) di SDN Gandaria Utara 07

Agus, Setiawan (2020) Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menulis Alquran Melalui Media Card Sort (Penelitian Tindakan Kelas) di SDN Gandaria Utara 07. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis Alquran menggunakan media (card sort). Masalah dalam penelitian ini adalah, apakah penggunaan kartu huruf hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan menulis Alquran? Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN Gandaria Utara 07 Kebayoran Baru Jakarta Selatan yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanaan, peneliti menyusun rencana dari setiap siklus meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), metode, media, dan materi. (2) tahap pelaksanaan, peneliti menerapkan media pembelajaran card sort pada mata pelajaran PAI pada subpokok bahasan menulis Alqur’an (3) tahap observasi, peneliti dibantu oleh teman sejawat melakukan pengamatan terkait kegiatan peneliti dan juga respon keadaan peserta didik sesuai dalam lembar observasi yang telah disediakan sebelumnya dan (4) tahap refleksi, peneliti melakukan refleksi terkait pembelajaran yang telah dilakukan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 75. Data hasil tindakan siklus 1 menunjukkan rata-rata kemampuan menulis siswa dalam menyambung huruf hijaiyah memperoleh skor 3,1 yang berati bahwa kompetensi menulis siswa sudah baik. Siswa yang memperoleh skor sangat baik 10 siswa. Sedangkan dalam menulis huruf sambung juga sudah baik dengan memperolaeh rata-rata skol 3,1, siswa yang memperoleh skor sangat baik 10 orang. Walaupun mengalami peningkatan, namun masih terjadi kendala dalam menulis ayat-ayat pendek sehingga skor yang diperoleh baru mencapai rata-rata 2,5 dengan perolehan skor siswa sangat baik hanya 4 orang. Dari hasil tindakan siklus 2 menunjukkan rata-rata kemampuan menulis huruf hijaiyah mencapai rata-rata skor 3,6 dengan perolehan skor siswa yang sangat baik mencapai 20 orang, kemampuan menulis huruf sambung Alquran memperoleh skor rata-rata 3,4 siswa yang memperoleh skor sangat baik 17, dan kemampuan menulis ayat pendek rata-rata 3,3 sedangkan siswa yang memperoleh skor sangat baik 15. Berdasarkan data hasil tindakan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media card sort kartu huruf hijaiyah dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis huruf sambung Alquran pada siswa kelas IV SDN Gandaria Utara 07 Jakarta semestar I Tahun Ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: kemampuan menullis, huruf Alquran, kartu huruf hijaiyah, card sort
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 20 Apr 2021 04:34
Last Modified: 20 Apr 2021 04:34
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4676

Actions (login required)

View Item View Item