PENGARUH SERVICE QUALITY TABUNGAN MABRUR TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI KASUS PADA KANTOR CABANG PEMBANTU BSM BINTARO SEKTOR 3 TANGERANG SELATAN)
Uswatun, Hasanah (2019) PENGARUH SERVICE QUALITY TABUNGAN MABRUR TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI KASUS PADA KANTOR CABANG PEMBANTU BSM BINTARO SEKTOR 3 TANGERANG SELATAN). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Kepuasan nasabah merupakan evaluasi spesifik terhadap keseluruhan pelayanan yang diberikan pemberi jasa, sehingga kepuasan nasabah hanya dapat dinilai berdasarkan pengalaman yang pernah dialami saat proses pemberian pelayanan. Untuk mengukur kepuasan nasabah, peneliti menggunakan teori Servqual dari temuan Parasuraman, Berry, dan Zethaml yang menggunakan lima (5) teori yaitu Bukti langsung (tangibles), Keandalan (reliability), Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (assurance), dan Empati (empathy) sebagai alat ukur kepuasan nasabah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah ada pengaruh service quality tabungan mabrur terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan dua (2) indikator dalam rangka mengukur kepuasan nasabah yaitu variabel X1 (Tangibles) dan X2 (realibility). Dalam hal ini peneliti menggunakan studi kasus kepuasan nasabah tabungan mabrur Bank BSM Bintaro Sektor 3 Tangerang Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan statistic variabel tangibles (bukti langsung) dan reliability (keandalan) secara signifikan mempengaruhi kepuasan nasabah Tabungan Mabrur Bank Syariah Mandiri Bintaro Sektor 3 Tangerang selatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah |
Depositing User: | Tia Mutiawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 03:04 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 03:04 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4640 |
Actions (login required)
View Item |