Pengaruh Model Tutor Sebaya terhadap Tingkat Kemampuan Menghafal Al Quran Siswa SMP Islam Al Hilal Bekasi

Nadiah, Nabilah (2020) Pengaruh Model Tutor Sebaya terhadap Tingkat Kemampuan Menghafal Al Quran Siswa SMP Islam Al Hilal Bekasi. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (22MB)

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi siswa dalam menghafal ayat-ayat Al Quran adalah belum digunakannya model pembelajaran yang tepat. Terdapat banyak pilihan model pembelajaran yang dapat dipergunakan para pendidik agar para siswa mampu memiliki kemampuan Al Quran sesuai dengan yang diharapkan.Salah satunya adalah model tutor sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model tutor sebaya terhadap tingkat kemampuan menghafal Al Quran siswa SMP Islam Al Hilal Bekasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain Post test only grup design. Populasi target penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Islam Al Hilal Bekasi yang berjumlah 288 siswa. Populasi terjangkau/kerangka sampel sejumlah 102 dari seluruh kelas VIII yang terdiri atas empat kelas. Sampel penelitian berjumlah 46 siswa dari dua kelas yaitu kelas VIII.3 dan VIII.4 . Tehnik pengupulan data menggunakan tes lisan sebagai instrument utama. Tehnik analisis data menggunakan t-test, yaitu membandingkan kedua variabel sama atau berbeda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa r hitung 0,677 dengan interprestasi tinggi, sedangkan besarnya pengaruh antara kedua variabel terebut sebesar 0,785 artinya Model Tutor Sebaya memberikan kontribusi terhadap Tingkat Kemampuan Menghafal Al Quran sebebsar 78,5%, sisanya 21,5% ditentukan oleh faktor lain, pengaruhnya signifikan karena t hitung (10,9) > t tabel (1,6) pada taraf kesalahan sebesar 5%. Dengan kata lain semakin diterapkan Model Pembelajaran Tutor Sebaya semakin tinggi Tingkat Kemampuan Menghafal Tahfizh Al Quran.Dengan demikian secara statistik terjadi peningkatan yang signifikan pada Kemampuan Menghafal siswa kelas eksperimen. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh model tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al Quran

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Tutor Sebaya, Tingkat Kemampuan Menghafal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 16 Apr 2021 03:03
Last Modified: 16 Apr 2021 03:03
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4634

Actions (login required)

View Item View Item