PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA LEMBAGA PERBANKAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PEMBANTU CIRENDEU

Rifdatul, Adibah (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA LEMBAGA PERBANKAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PEMBANTU CIRENDEU. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Kualitas pelayanan berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan. kualitas pelayanan memberikan dorongan khusus bagi para pelanggan untuk menjalin ikatan relasi saling menguntungkan dalam jangka panjang. Penelitian dari judul ini adalah pengaruh kualitas pelayanan lembaga perbankan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pada lembaga perbankan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Cirendeu. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Teknik penarikan sampel aksidental adalah teknik penarikan yang didasarkan pada kemudahan (covenience). Sampel terpilih karena berada pada waktu, situasi, dan tempat yang tepat. Dengan menyebarkan kuesioner berjumlah 97 kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear sederhana, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Penelitian dilakukan di Bank Syariah Mandiri kantor cabang pembantu Cirendeu. Waktu penelitian yaitu kurang lebih 1 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi sebesar 0,172, nilai thitung lebih besar dari ttabel (8,017 > 2,000), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig<0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan pada lembaga perbankan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri kantor cabang pembantu Cirendeu. Pengaruh kualitas pelayanan pada lembaga perbankan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Cirendeu sebesar 40,4% dan sisanya 59,4% dipengaruh oleh variabel lain yang tidak disebutkan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Tia Mutiawati
Date Deposited: 15 Apr 2021 01:55
Last Modified: 15 Apr 2021 01:55
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4622

Actions (login required)

View Item View Item