Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an melalui Metode Visualization Auditory Kinestetik (VAK) Pada Siswa Kelas V Di SDN Serdang 05 Pagi

Wastum, Wastum (2020) Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an melalui Metode Visualization Auditory Kinestetik (VAK) Pada Siswa Kelas V Di SDN Serdang 05 Pagi. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
No. 217517015 Wastum (2).pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an melalui Metode Visualization Auditory Kinestetik (VAK) Pada Siswa Kelas V di SDN Serdang 05 Pagi Jakarta Pusat. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Universitas Muhammadiyah Jakarta. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui metode Visualization, Auditory, Kinestetik (VAK) pada siswa kelas V di SDN. Serdang 05 pagi Jakarta Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk menge peningahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi membaca Al Qur’an dengan menggunakan Metode Visualization, Auditory, Kinestetik (VAK)? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan 2 siklus yang setiap siklusnya terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah Siswa Kelas V di SDN Serdang 05 Pagi Tahun 2018 / 2019, sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, tes membaca. Berdasarkan analisis, hasil tes dan observasi yang sudah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kegiatan belajar dan aktivitas siswa sehingga hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hasil nilai rata-rata pada prasiklus 65.79 dengan persentase ketuntasan 70 %. Pada siklus I nilai rata-rata menjadi 67.85 dengan persentase ketuntasan 85 %.Padasiklus II meningkat lagi dengan nilai rata-rata siswa 80 dengan persentase ketuntasan 100 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Metode Visualization Auditory Kinestetik (VAK) dapat meningkatkan hasil belajar Membaca Al Qur’an pada Siswa Kelas V di SDN Serdang 05 Pagi Jakarta Pusat

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 14 Apr 2021 01:57
Last Modified: 14 Apr 2021 01:57
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4602

Actions (login required)

View Item View Item