Hubungan antara Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 193 Jakarta

Siti, Nurhayati (2021) Hubungan antara Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 193 Jakarta. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
Skripsi Siti Nurhayati.pdf - Published Version

Download (11MB)

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam adalah kurangnya motivasi belajar pada siswa. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar, salah satunya adalah faktor perhatian orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 193 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan metode kuesioner. Populasi target penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 193 Jakarta yang berjumlah 889 siswa. Populasi terjangkau/ kerangka sampel sejumlah 286 dari seluruh siswa kelas IX yang terdiri atas delapan rombongan belajar. Sampel penelitian berjumlah 80 siswa dari delapan rombongan belajar yaitu kelas XI-A sampai IX-H yang masing-masing kelas diambil sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Instrumen untuk mengukur motivasi belajar dan perhatian orang tua menggunakan kuesioner yang berbentuk pernyataan. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment, yang sebelumnya telah diketahui normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian menunjukan pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai r sebesar 0,325 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,105, t hitung (3,024) > t table (2,000) menunjukkan bahwa koefisien korelasi signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 10,5% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh perhatian orang tua, sedangkan 89,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:59
Last Modified: 19 Apr 2021 03:59
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4601

Actions (login required)

View Item View Item