UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR‟AN SESUAI ILMU TAJWID PADA PEMBELAJARAN AL-QUR‟AN ONLINE (STUDI KASUS DI YAYASAN AL IKHWAN MERUYA)

Luk, Luil Inayati (2021) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR‟AN SESUAI ILMU TAJWID PADA PEMBELAJARAN AL-QUR‟AN ONLINE (STUDI KASUS DI YAYASAN AL IKHWAN MERUYA). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI LUK LUIL INAYATI 2017510022.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya masyarakat yang masih buta huruf Al-Qur‟an dan masih belum sadar akan pentingnya belajar membaca Al-Qur‟an sesuai ilmu tajwid karena masyarakat hanya sekedar membaca AlQur‟an tanpa memahami hukum-hukum tajwid. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui upaya guru tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an sesuai ilmu tajwid secara online (studi siswi tahsin di Yayasan Al-Ikhwan Meruya). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara dengan narasumber terkait. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran Al-Qur‟an diadakan secara online bermula dari kegundahan para guru dan penurunan kualitas pengetahuan peserta didik. Upaya yang dilakukan guru tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an dengan cara memberi semangat dan motivasi, melakukan pembiasan membaca Al-Qur‟an sebelum memulai pembelajaran dan mengulang-ulang materi yang telah diajarkan serta mengadakan evaluasi scara lisan dan tulis. Penerapan ilmu tajwid ke dalam membaca Al-Qur‟an dengan cara menjelaskan teori ilmu tajwid, membuka sesi tanya jawab, praktik membaca Al-Qur‟an kemudian menguraikan sesuai ilmu tajwid dan presentasi oleh peserta didik terkait materi yang telah diajarkan guna untuk tes mental dan memperkuat pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 19 Apr 2021 05:21
Last Modified: 19 Apr 2021 05:21
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4588

Actions (login required)

View Item View Item