KORELASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST PADA SISWA KELAS IX MTs N 30 JAKARTA

RAILIA, LAILINDA (2021) KORELASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST PADA SISWA KELAS IX MTs N 30 JAKARTA. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI _ RAILIA LAILINDA_ 2017510081.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana korelasi antara model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan hasil belajar al-qur’an hadist kelas IX MTs N 30 Jakarta yang sesuai dengan visi sekolah itu sendiri yakni meciptakan Menjadi Manusia Unggul Dibidang Akademik dan Nonakademik. Penelitian ini menggunakan model survey dengan Teknik analisis korelasional. Subyek penelitian sebanyak 50 responden, menggunakan teknik product moment pearson. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data X dan Y. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan variable terikat yaitu hasil belajar Al-qur’an hadist siswa kelas IX MTs N 30 Jakarta. Validitas tes instrument diuji dengan rumus Product Moment dan untuk mengetahui reabilitasnya di uji dengan rumus Alpha Cronbanch. Teknik analisis menggunakan uji-F, yang sebelumnya di ketahui homogenitas dan normalitasnya. Korelasi antara model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar siswa diperoleh koefisien korelasi sebesar r = 0,699 dan koefisien determinasi sebesar R = r2 = 0,489, pengujian signifikasi terhadap korelasi diperoleh thitung (7,644) > ttabel (1,671) pada α = 0,05, menunjukkan bahwa koefisien korelasi signifikasi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share mempunyai hubungan terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs N 30 Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:56
Last Modified: 19 Apr 2021 03:56
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4582

Actions (login required)

View Item View Item