PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSI (STUDENT-STUDENT INTERACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI MIS HAYATUL ISLAMIYAH CINANGKA

Narulita, Kinandhani Haidir (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSI (STUDENT-STUDENT INTERACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI MIS HAYATUL ISLAMIYAH CINANGKA. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Salah satu kendala yang mempengaruhi hasil belajar IPA pada siswa adalah kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan, maka siswa akhirnya merasa bosan dan tidak bersemangat sehingga hasil belajarnya terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki adanya pengaruh model pembelajaran SSI (Student-student Interaction) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaraan IPA, dengan menggunakan perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif rancangan eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan sampel yang berjumlah 61 siswa yang terbagi dalam 2, yaitu 31 kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SSI (Student-student Interaction) dan 30 kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) pada tahun ajaran 2019/2020 di MIS Hayatul Islamiyah. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji hipotesis dan uji nonparametrik Mann Whitney dengan taraf kepercayaan 95% menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,044 yang artinya 0,044 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA kelas V antara kelas yang menggunakan model pembelajaran SSI (Student-student Interaction) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions).

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:55
Last Modified: 19 Apr 2021 03:55
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4573

Actions (login required)

View Item View Item