Pengaruh Manajemen Kelas Make Every Minute Count terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV di MI Taufiqurrahman 2 Kukusan

Rani, Sheilla (2020) Pengaruh Manajemen Kelas Make Every Minute Count terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV di MI Taufiqurrahman 2 Kukusan. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI RANI SHEILLA.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Varians populasi kedua kelompok sama atau homogen, (2) Perbedaan rata-rata hasil keaktifan belajar siswa, (3) Pengaruh manajemen kelas Make Every Minute Count terhadap keaktifan belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan desain quasi-experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di MI Taufiqurrahman 2 Kukusan yang berjumlah 457 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa yang terdiri dari kelas IV A 21 siswa (eksperimen) dan IV B 21 siswa (kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai instrumen utama. Dari hasil uji instrumen didapatkan nilai R Tabel sebesar 0,396 dan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,836. Teknik analisis data menggunakan t-test, yaitu membandingkan rata-rata dua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Berdasarkan data diketahui nilai signifikansi (Sig.) adalah sebesar 0,198 > 0,05, yang berarti varians populasi kedua kelompok sama atau homogen. (2) Berdasarkan data nilai rata-rata keaktifan belajar Post-Test Eksperimen (Make Every Minute Count) sebesar 86,00 dan standar deviasi sebesar 5,167 serta nilai rata-rata keaktifan belajar Post-Test Kontrol (Classroom Meeting) sebesar 82,29 dan standar deviasi sebesar 6,133. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata nilai keaktifan belajar siswa antara manajemen kelas “Make Every Minute Count” dengan manajemen kelas “Classroom Meeting”. (3) Berdasarkan data hasil dari Uji Wilcoxon diperoleh data Asymp.Sig. (2-Tailed) 0,000 < 0,05 atau Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh manajemen kelas Make Every Minute Count terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV di MI Taufiqurrahman 2.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:55
Last Modified: 19 Apr 2021 03:55
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4572

Actions (login required)

View Item View Item