Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas IV Metode Pembelajaran Inkuiri di SDIT Al Fajar Kedaung, Pamulang Kota Tangerang Selatan

IKA, MAULIDIA (2020) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas IV Metode Pembelajaran Inkuiri di SDIT Al Fajar Kedaung, Pamulang Kota Tangerang Selatan. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas / classroom research yang bertujuan untuk mengimplementasikan penerapan metode pembelajaran inkuiri dalam kegiatan pembelajaran IPA sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penulis melakukan penelitian di SDIT Al Fajar tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 15 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus melalui empat tahapan kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksaaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah evaluasi hasil belajar mengenai kemampuan dalam memahami konsep IPA tentang cahaya dan penilaian autentik dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, setelah dilakukan proses pembelajaran (mastery learning) pada siklus pertama, siswa yang memperoleh nilai sesuai KKM (KKM=70) terdapat 11 siswa dengan prosentase 73,3% dari 15 siswa, hasil penilaian presentasi siswa dalam pembelajaran inkuiri adalah 70% sedangkan hasil observasi tindakan guru pada siklus I adalah 86,7%. Pada siklus kedua, setelah proses pembelajaran (mastery learning) selesai dilakukan, dapat diketahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA adalah 15 siswa memperoleh nilai sesuai KKM (KKM=70) dengan prosentase 100%, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sempurna. Hasil penilaian presentsi siswa dalam pembelajaran inkuiri adalah 90%, sedangkan hasil observasi tindakan guru pada siklus II adalah 100%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA sebesar 100%. Dengan demikian penerapan pembelajaran melalui metode pembelajaran inkuiri terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:54
Last Modified: 19 Apr 2021 03:54
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4568

Actions (login required)

View Item View Item