PENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS III MELALUI MODEL PEMELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MI SUNANUL HUSNA PONDOK RANJI CIPUTAT

Nur’aini, Nur’aini (2020) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS III MELALUI MODEL PEMELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MI SUNANUL HUSNA PONDOK RANJI CIPUTAT. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
skripsi.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang bermakna dalam pengembangan berpikir kritis siswa di lingkungan kelas tentang masalah sosial melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas/ classroom action research dengan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III dengan jumlah siswa 15 orang yang terdiri dari 10 orang siswi dan 5 orang siswa di MI Sunanul Husna Pondok Ranji Ciputat tahun ajaran 2018/2019 semester ganjil. Instrumen yang digunakan adalah pengamatan kinerja guru, evaluasi hasil belajar IPS dan penilaian autentik melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Data Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilaksanakanya rangkaian pembelajaran melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I terdapat 11 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM > atau = 65) dengan persentase hasil belajar 67% hasil penilaian performansi 67% dan hasil observasi tindakan guru 83%, pada siklus II terdapat 15 siswa yang mencapai KKM dengan persentase hasil belajar 93% hasil penilaian performansi 83% dan hasil observasi tindakan guru 100%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III dengan persentase 100% yaitu telah terlaksananya pembelajaran tuntas (mastery learning) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:00
Last Modified: 19 Apr 2021 04:00
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4560

Actions (login required)

View Item View Item